Terracotta Warriors, kisah Kaisar Tiongkok yang takut mati

Saya bersama rekan saya mengunjungi Xi’an, ibukota Tiongkok kuno, dalam kunjungan kedua saya ke Tiongkok pada bulan November 2014. Saat itu, daratan Tiongkok memasuki musim dingin. Suhu berkisar 8 – 10 derajat celcius, lumayan dingin buat traveler dari Asia Tenggara. Tujuan saya ke Xi’an sama dengan jutaan traveler lainnya, yaitu tiada lain adalah untuk melihat langsung peninggalan bersejarah yang menakjubkan: Terracota Warriors. Peninggalan bersejarah yang berusia lebih dari 2000 tahun yang dibangun atas perintah Kaisar Qin Shi Huang, kaisar pertama Tiongok. Pekerjaan dahsyat itu konon dikerjakan oleh lebih dari 300 ribu orang, jumlah yang amat sangat masif pada masa itu.

Kompleks Mouselium Kaisar Qin dan Terracota Warriors, terletak kira kira 30 km di luar pusat kota Xi’an sekarang. Untuk menuju kesana, kita bisa naik bis turis no 5 (306) dari Xi’an City Rilway dengan lama perjalanan kira kira satu jam. Disana, kami menghire seorang guide lokal untuk menemani kami berkeliling lokasi Terracota Warriors sambil menceritakan sejarah dibalik kemegahan peninggalan bersejarah itu. Dan sungguh, legenda dibalik Terracota Warriors adalah legenda yang mampu menembus sekat sekat waktu.

Alkisah, pada 2200 tahun yang lalu ada seorang raja yang berhasil menyatukan daratan Tiongkok setelah berhasil menaklukkan lima kerajaan kecil melalui berbagai pertempuran. Sang raja, kemudian membentuk Kekaisaran Tiongkok dan mengangkat dirinya sebagai Kaisar pertama, dengan gelar Kaisar Qin Shi Huan (artinya Kaisar pertama). Sang  Maharaja baru itu menganggap Tiongkok adalah pusat dunia, tidak ada yang dia takuti kecuali satu hal, yaitu kematian. Takut akan mati itulah yang selalu menghantui sang Kaisar dihampir sepanjang usianya. Dia menjadi terobsesi dengan keabadian, segala cara dia coba untuk mendapatkan ramuan yang bisa membuat dia bisa hidup abadi. Konon, sang Kaisar menugaskan salah satu orang kepercayaannya untuk mencari obat keabadian sampai ke ujung dunia. Namun, orang kepercayaannya itu sadar bahwa obat itu tidak pernah ada, sehingga menurut legenda, dia berlabuh di Jepang bersama ratusan pengiringnya dan tidak pernah kembali lagi. Karena dia sadar jika kembali dengan tanpa kosong, sama artinya dia menyerahkan nyawanya untuk dibunuh oleh Kaisar.

Namun, sejak diangkat menjadi raja di Kerajaan Qin dan jauh sebelum berhasil mempersatukan Tiongkok, Kaisar Qin diam – diam menyiapkan segala hal untuk persiapan memasuki dunia setelah kematian. Secara rahasia, dia memerintahkan orang orang kepercayaannya untuk membuat istana bawah tanah, ribuan prajurit, patung kuda dan semua perlengkapan yang dipercaya dapat digunakan nanti di alam kubur. Semua itu dibuat dari tanah liat dan dibuat dalam ukuran hampir menyerupai aslinya. Bayangkan, ada ribuan prajurit dari tanah liat hampir seukuran orang sekarang dan mukanya berbeda antara satu patung dengan patung lainnya!

Singkat cerita, akhirnya sang Kaisar tidak kuasa lari dari malaikat maut seperti halnya siapa saja makhluk yang bernyawa di dunia ini. Sang Kaisar wafat dalam perjalanan saat berkeliling daerah kekuasaannya bersama para pengiringnya pada tahun 220 sebelum Masehi. Kematiannya dirahasiakan dan baru diumumkan saat jasad sang Kaisar tiba di Ibu kota, dua bulan kemudian.  Jasadnya kemudian dikuburkan bersama dengan ribuan Terracota Warriors nya itu.  Kaisar Qin percaya, mereka akan dibutuhkan untuk mendampinginya di alam baka.  Keberadaan makam Kaisar bersama ribuan terracota warriors itu kemudian lama terlupakan, barulah setelah 2000 tahun kemudian keberadaan patung patung itu terungkap secara tidak sengaja oleh seorang petani yang hendak menggali sumur. Walaupun, sampai saat ini baru patung tanah liatnya saja yang sudah terungkap. Mausoleum sang Kaisar sendiri masih menjadi misteri sampai sekarang. Makam sang Kaisar masih terkubur, para ahli percaya  berbagai perangkap masih aktif melindungi makam tersebut.  Keajaiban dunia yang terungkap secara tidak sengaja itu mampu membuat berjuta juta orang setiap tahunnya berbondong bondong datang untuk melihat langsung keberadaannya, termasuk saya.

“I am Emperor, my descendants will be numerous. From the second generation to the ten thousandth, my line will not end.” Emperor Qin Shi Huang

The Warrior! #Latepost #Xi’an Nov 2014

A photo posted by Indra Kurniadi (@indrakurniadi) on

Terracota Warriors! Xi’an Nov 2014 #Latepost #Backpacker #Traveling #Xian #China

A photo posted by Indra Kurniadi (@indrakurniadi) on

Terracota warriors! #latepost #xian #chinatrip2014 #traveling

A photo posted by Indra Kurniadi (@indrakurniadi) on

Bell Tower Xi’an, Nov 2014 #Latepost #Traveling #Backpacker #Xian #China

A photo posted by Indra Kurniadi (@indrakurniadi) on

View All

11 Comments

  1. Waaaahhh ini salah satu mimpi saya maseee,,, semoga saya bisa segera nyusul ke sana 🙂 jadi inget film mummy yg ke China itu yang nyari obat awet muda.

    Reply

    1. indrakurniadi May 30, 2016 at 5:21 pm

      hehehe…semoga bisa terwujud mas! Thanks udah mampir

      Reply

  2. salam kenal ya, foto2 di blognya cakep-cakep kakak, bikin pengen traveling.
    inget film mandarin klo lihat teracotta ini kalo gak salah Jacky Chan aktornya, belum kesampaian ke Xian baru sempet ke Beijing semoga suatu hari bisa kesini.

    Reply

    1. Indra Kurniadi June 1, 2016 at 10:02 am

      aamiin..semoga bisa terwujud ya! Thanks sudah mampir ke blog sayah

      Reply

  3. wow! iya bener kata Alid, ini yang ada di film mummy. konon wajah patung terakotanya beda semua ya mas?

    Reply

    1. Indra Kurniadi June 9, 2016 at 3:34 pm

      Iya bener mas fahmi..dari ribuan patung itu ga ada satupun yang mukanya sama..

      Reply

  4. Nah ini dia yang aku cari Mas, patung prajurit ini , jadi pengen ke China sana … a wish list banget

    Reply

    1. semoga bisa kesana mas salman..makasih udah dateng ke blog sayah

      Reply

  5. terracota itu cakep banget ya mas

    Reply

  6. Bagus banget, jadi pengen jalan ke Tiongkok sana. Penasaran sama sang Kaisar. Semoga bisa jalan kesana

    Reply

  7. ahh one day moga2 bisa langsung kesana. aminnnn

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *