Terimakasih Sir Alex

Para penggemar Manchester United di seluruh Dunia pasti akan merasa sedih melihat penampilan tim kesayangan mereka saat ini. Bagaimana tidak, dalam 3 musim terakhir ini, penampilan mereka bagaikan tim semenjana. Kharisma sebagai salah satu tim yang pernah merajai Eropa dan tim terbanyak yang pernah meraih mahkota Liga Inggris sepertinya kian sirna. Saya yakin, seluruh supporter pasti akan merasa kehilangan sosok Sir Alex Ferguson. Orang yang pernah mengangkat Manchester United dari keterpurukan di era akhir 80an hingga menjadi tim tersukses di Inggris dan salah satu tim terkuat di Eropa. Pensiunnya Sir Alex di musim terakhirnya di Liga Inggris pada musim 2012/2013 juga menjadi kali terakhir Manchester United menjadi juara liga.

Saya ingin sedikit flashback kebelakang ketika saya berkesempatan mengunjungi UK untuk kali ketiga pada Mei 2013. Rencana kedatangan saya ke UK yang tujuan utamanya untuk mengunjungi satu Expo di Birmingham ternyata berdekatan dengan laga terakhir Manchester United di Old Trafford di musim 2012/2013. “Ah, saya beruntung sekali!” batin saya saat itu. Kapan lagi bisa nonton laga terakhir sekaligus seremonial penyerahan Trophy Liga Primer, kesempatan yang amat sangat langka bukan?

Tanggal keberangkatan ke UK pun sudah ditetapkan, yaitu tanggal 9 Mei 2013. Sayapun kemudian menyusun itenerary yang bisa mengakomodasi semua kepentingan saya selama berada di UK: mengunjungi Brian dan Om Oi di London, pergi ke Liverpool dan singgah di Anfield, mengunjungi Old Trafford dan Etihad Stadium di Manchester, blusukan di Health and Safety Expo di Birmingham, meeting dengan beberapa relasi bisnis, lalu kembali ke London untuk berkunjung ke Emirates dan Stamford Bridge stadium sebelum kemudian pulang kembali ke tanah air.

Tiket kereta antar kota dan hotel sudah ditangan, kemudian saya pun mulai hunting tiket pertandingan terakhir Manchester United melawan Swansea di Old Trafford. Mungkin karena laga terakhir, tiket yang dijual sudah jauh diatas harga normal karena tiket termurah yang pernah saya temui saat itu ada di angka 200 pounds. Jauh lebih mahal dari tiket yang saya beli waktu saya pertama kali nonton Manchester United di Old Trafford untuk menonton laga Manchester United vs Wolves pada November 2010, saat itu harga tiket hanya 60 pounds. Namun, beberapa hari kemudian saya mengutuki diri sendiri karena kepelitan saya melihat angka 200 pounds, kenapa? Karena beberapa hari kemudian, secara tiba – tiba Sir Alex menyatakan pensiun dari dunia sepakbola, yang tentu pertandingan Man United vs Swansea itu akan menjadi pertandingan terakhir Sir Alex di depan para Mancunian di Old Trafford! Dan bisa ditebak, harga tiket kemudian melambung sangat tinggi. Beberapa saat setelah Sir Alex pensiun, tiket termurah yang saya temui berharga 600 pounds! Gosh, nyesel setengah mati kenapa juga saya ngga membeli tiket pada saat masih berharga 200 pounds saja.

Hari ketika pertandingan terakhir Sir Alex di Old Trafford Stadium itu, saya terpaksa hanya bisa menikmati dari TV di lobby hotel. Sedih rasanya ketika puluhan ribu penonton di sana memberikan penghormatan terakhir dan apresiasi mereka terhadap sosok yang telah memberikan banyak hal bagi tim mereka dan bagi sepakbola, dunia yang begitu dicintainya. Perpisahan itu juga terasa indah, karena di musim itu pula Manchester United merebut kembali mahkota juara mereka dari tetangganya yang berisik dan menjadikan mereka menjadi tim terbanyak yang meraih juara Liga melewati Liverpool.

Keesokan harinya, saya mengunjungi Old Trafford Stadium dan mengikuti Old Trafford Tour bersama fans dari berbagai negara. Lalu kemudian bergabung dengan ribuan fans yang menyaksikan perayaan juara dan arak – arakan menuju kota. Seluruh skuad, termasuk Sir Alex, ada dalam perayaan tersebut. Dan saya beruntung bisa melihat mereka dari jarak yang sangat dekat.

Terimakasih Sir Alex, sungguh kami merasa sangat kehilangan.

Berikut oleh – oleh foto Old Trafford dan Trophy Parade Juara Liga Inggris 2012/2013

Old Trafford Tour

Kamar ganti di Old Trafford

Old Trafford Tour, Old Traffor Stadium

Mejeng di depan Old Trafford Stadium

Traveling_ke_Old_Trafford_Manchester

Viva Manchester United!

Old Trafford Stadium Tour

Lorong pemain di Old Trafford

Old Trafford Stadium

Old Trafford Stadium yang megah

Old Trafford Stadium Tour

Trophy Parade, Champions 2012/2013

View All

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *