Liverpool: Antara The Beatles, Mersey River dan Anfield

Saya mengunjungi Liverpool pada tanggal 11 Mei 2013 yang lalu, kota antara sebelum tujuan utama saya saat UK Trip kali ini, yaitu: Manchester, dengan tujuan utama nonton Trophy parade dan perpisahan Sir Alex dan Birmingham, kota tujuan saya mengunjungi Safety and Health Expo 2013.

Saya traveling ke Liverpool dari London dengan Virgin Train. Berangkat dari London Euston jam 6. 36, sampai Liverpool Central jam 9.23, On Time! Gosh, saya selalu kagum dengan ketepatan waktu di negara2 Eropa. Semoga kita bisa belajar banyak dari mereka.

Well, karena awalnya hanya sasaran antara, saya hanya mengalokasikan waktu semalam saja disana.  Namun begitu sampai di sana, saya kemudian baru menyadari bahwa Liverpool itu sangat indah. Jauh dari bayangan saya akan kesan kota pelabuhan yang biasanya monoton dan membosankan. Keindahan Liverpool bisa terlihat dari bangunan – bangunan tua yang indah, ga heran kalo UNESCO menobatkan Liverpool sebagai European Capital of Culture di tahun 2008.

Dalam kunjungan yg singkat itu, saya masih sempat menikmati berbagai tempat wisata di Liverpool, seperti menyusuri kawasan kota tua bersejarah di Liverpool hanya dengan berjalan kaki, dari mulai Queen Square, Cavern Quarter,  Albert Dock sambil menikmati keindahan sore di pinggir Sungai Mersey yang melegenda itu. Saya juga sempat mengunjungi Liverpool One, salah satu mall dengan design terkeren yang pernah saya liat. Sempet mampir ke The Beatles Story, namun sayang tempatnya sudah tutup karena saya datang terlalu sore. Well, matahari di musim semi baru terbenam setelah jam  9 malam, so saya jadi suka kebingungan sendiri ko udah malem tp masih terang benderang hehe.

Para fans The Beatles pasti akan sangat bahagia berada di kota kelahiran band kesayangan mereka itu, karena selain bisa napak tilas perjalanan karir mereka, dimana – mana pasti akan terdengar lagu the Beatles. Dari nyanyian pemusik jalanan sampai alunan lagu dari toko – toko di pusat kota liverpool. Hampir semua memutar lagu the Beatles.  Apa yg lebih baik dari mendengar lagu the Beatles dikota kelahiran mereka sendiri?

Dan tentu, saya menyempatkan diri berkunjung ke Anfield, salah satu kuil sepakbola paling terkenal di muka bumi. Well walaupun saya fans United, tetap aja ada keinginan yg besar untuk bisa berkunjung kesana. Stadium Anfield terletak di antara pemukiman penduduk di anfield road. Cerita tentang kunjungan ke Anfield akan sy posting di tulisan terpisah ya 🙂

Saya menginap di Knowsley, kawasan pinggiran Liverpool. Kira – kira 30 menit naik bus dari pusat kota Liverpool. Perjalanan dari pusat kota ke hotel cukup menyenangkan, karena melewati pemukiman penduduk sehingga saya bisa melihat nuansa pemukiman khas Liverpool. Dan rute bis ternyata melewati Anfield dan Goodison Park! Jarak diantara kedua stadion itu ternyata tidak terlalu jauh loh, hanya sepelemparan batu saja hehe. Oia, Knowsley sepiii banget, seperti kota hantu kalo sudah gelap. Tidak recommended untuk teman2 yang suka berkeliaran saat malam hehe Tapi berhubung saya ga suka kehidupan malam, jadinya kota ini cocok banget buat saya. Yah setelah puas berkeliling Liverpool yang indah, yang saya idam – idamkan hanya kasur yang empuk di kamar hotel dengan pemanas ruangan yang bisa mengusir dinginnya udara malam di musim semi.  Apalagi saya harus mengejar kereta pagi ke Manchester esok harinya.

See you later Liverpool, pasti saya akan kembali lagi.

Ini ada oleh – oleh foto – foto keindahan Liverpool, Enjoy!

Lagu the beatles terdengar dimana2 di #Liverpool, “she loves you yea yea yea” #UKtrip2013

A photo posted by (@indrakurniadi) on

Suatu sore di Merseyside #Liverpool #UKtrip2013

3. keren, kapan-kapan insyaallah jika allah swt mengizinkan saya akan kesana 🙂

1. amiiin mas

4. Alexander Lolong July 20, 2015 at 3:18 pm

Luar biasa post nya..saya jadi dapat informasi untuk ke Liverpool dari London. Ternyata.naik Virgin Train..karena kalau Tuhan ijinkan, saya bulan april tahun depan ke London bersama.Prudential. Mumpung kesana, saya mau mampir ke Liverpool..mimpi yang akan jadi kenyataan. AMIEN. “YNWA