Catatan Perjalanan

May 14, 2012 at 9:59 pm

Abu Dhabi in 8 hours!

Arrgh, saya sudah 3 kali mengunjungi Dubai tapi belum pernah sekalipun berkunjung ke Abu Dhabi, apa kata dunia? Abu Dhabi, ibu kota UAE dan kota pesaing utama Dubai saat ini dan di masa depan tentu adalah kota yang amat sangat layak untuk dikunjungi. Eh, tapi istri saya yang udah 3 tahun tinggal di Dubai pun belum pernah loh ke Abu Dhabi hehehe *poke @anitakurniadi.  Baru setelah mendapatkan waktu yang pas, akhirnya pada tanggal 21 Januari 2012 kami bisa mempunyai kesempatan untuk pergi ke Abu Dhabi, walaupun hanya untuk 8 jam saja hehe.

Perjalanan ke Abu Dhabi bisa ditempuh dengan 3 cara, naik bus, naik taxy atau carter mobil. Tentu kami lebih memilih naik bus saja. Selain karena ongkosnya yang murah, hanya 20 AED sekali jalan = 50 ribu perak saja, kami juga ingin merasakan bepergian dengan kendaraan umum di UAE. Naik taxy dari Dubai ke Abu Dhabi lumayan mahal, ongkosnya bisa mencapai 600 AED pulang pergi. Jadi mari kita nikmati saja pergi ke Abu Dhabi dengan bus, toh busnya juga amat sangat nyaman.

Bus dari Dubai ke Abu Dhabi bisa kita naiki dari terminal bus di Bur Dubai, naik bus no 14.  Jangan khawatir ketinggalan bus, karena busnya berangkat setiap 30 menit dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam. Dan mereka berangkat sesuai jadwal, tidak menunggu sampai penumpang penuh. Lama perjalanan Dubai ke Abu Dhabi adalah 2 jam saja. Di dalam bus, penumpang laki – laki harus duduk terpisah dari wanita, kecuali suami – istri atau keluarga. Jadi untuk yang masih jomblo rasanya aga sulit untuk mengharapkan cinta lokasi di dalam bus hehehe

Perjalanan 2 jam dari dubai ke abu dhabi terasa aga lama, kecepatan bus juga dibatasi. Selain itu yang membuat perjalanan terasa lama karena pemandangan di jendela bus yang amat sangat garing: gurun pasir dimana – mana, hadeuh! Rasanya udah pengen cepet2 sampe aja di Abu Dhabi. Dan sesampainya di Abu Dhabi, Bus akan berhenti di terminal utama Abu Dhabi di Sheikh Hazza bin Zayed Street (sebelah Al Wahda Mall). Dari terminal ini pula, kita bisa mendapatkan bus untuk kepulangan kita ke Dubai. Well, kesan pertama sesampainya di stasiun bus ini adalah stasiun yang sangat kumuh, tidak menggambarkan kemegahan Abu Dhabi yang di gadang – gadangkan.

Ok, banyak sekali yang bisa kita lihat di Abu Dhabi. Yang paling populer di kalangan wisatawan adalah Ferrari Park, Grand Mosque atau Marina Mall. Dan berhubung harga tiket masuk ke Ferrari Park sangatlah mahal dan sayapun bukan penggemar otomotif, saya dan istri memilih untuk menetapkan Grand Mosque sebagai tujuan utama kami. Sebelumnya, kami memilih untuk pergi ke Marina Mall untuk makan siang sambil cuci mata.

Setelah selesai makan siang, kami segera cari bus untuk tujuan ke Sheikh Zayed Grand Mosque, icon Abu Dhabi yang juga adalah mesjid terbesar ke lima di Dunia. Well, tidak seperti tetangganya Dubai, Abu Dhabi tidak memiliki metro, sehingga kendaraan umum yang ada hanya taxy dan bus. Dan bus disana jalannya amat sangat lelet, karena berhenti di setiap halte. Bayangkan ada berpuluh2 halte yang harus dilalui bus dengan jalur Marina Mall ke Grand Mosque, dan bus itu harus berhenti. Jadi kalo kita mengejar waktu, baiknya kita pilih naik taxy aja daripada naik bus lelet kaya gitu hehehe

Sesampainya di Grand Mosque, kami berdua menyadari betapa megah dan indahnya mesjid itu, Subhanallah! Mesjid bergaya timur tengah yang dibuat dari batu marmer putih nan cantik. Oia, ketika kita masuk ke mesjid, kita harus memakai pakaian yang sopan. Untuk wanita, disediakan abaya yang wajib dipakai selama berada di area mesjid. Dan untuk yang beragama selain Islam, tidak diperkenankan untuk masuk ke area tempat shalat. Mengunjungi mesjid tersebut

Kami berdua tidak henti – henti mengucapkan syukur karena sudah memperoleh kesempatan berziarah ke mesjid yang indah ini. Rasanya bukan kami saja yang mengagumi keindahannya, saya yakin semua turis yang berkunjung pasti akan mengagumi keindahan mesjid ini. Dan ketika waktu shalat ashar tiba, kami tidak melewatkan kesempatan untuk ikut shalat berjamaah dengan jamaah dari berbagai bangsa: Arab, kulit putih, Oriental, Melayu, India/Pakistan dll. Subhanallah :)

Selesai shalat ashar, kami bergegas harus kembali ke Dubai. Naik taxy dari Grand Mosque ke Al Wahda Mall, kami sempatkan dulu makan malam di Mall tersebut, lalu kemudian menyebrang ke terminal bus untuk segera kembali ke Dubai. Tepat 12 jam sejak keberangkatan kami dari dubai, kami tiba kembali di terminal bus Bur Dubai. Alhamdulillah :)

Berikut oleh – oleh perjalanan singkat kami ke Abu Dhabi :)

Abu dhabi marina

si cantik @ Abu Dhabi Marina :)

Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi UEA

Mesjid Sheikh Zayed, Abu Dhabi

Indahnya mesjid sheikh zayed ini :)

Interior di dalam mesjid yang indah

Mari kita berwudhu :)

2 Comments

1. siti karimah says:

Subhanallah……

2. alhamdulillah kmren mau umroh..hijri bs transit dibandara abu dhabi…tp ampe bandara doank