Camp Nou Experience

Salah satu tujuan saya backpacking ke London, Paris dan Barcelona selama 3 minggu di bulan Maret 2011 lalu adalah untuk mewujudkan salah satu impian saya: Nonton Langsung FC Barcelona di stadionnya yang megah: Camp Nou Stadium. Dan pada tanggal 20 Maret 2011 itulah, impian saya bisa terwujud. Hey Baby, I’m going to Camp Nou!

Perjalanan menuju Barcelona itu dimulai dari London. Setelah 2.5 jam terbang bersama Easyjet dari Gatwick Airport di London , sore itu saya mendaratkan kaki saya di Barcelona Airport. Ngga ada yang istimewa dari airport itu, samasekali tidak menunjukkan kemegahannya sebagai airport di kota terbesar no 2 di Spanyol. Well, saat itu waktu menunjukkan pukul 4 sore. Dan saya sadar saya harus segera bergegas karena pertandingan FC Barcelona vs Getafe akan segera di mulai pada pukul 7 malam. So, saya hanya punya waktu 3 jam untuk bersiap2 *ngos2an

Semua berjalan smoothly sampai kemudian ketika saya membaca peta Barcelona dan meminta informasi dari tourism staff di airport, saya menyadari bahwa hotel tempat saya menginap selama di barcelona terletak di luar kota, di Villadecans. Tourism staff itu bilang untuk hotel tersebut hanya bisa di capai dengan taxy dari Airport, tidak ada bus yang langsung menuju kesana. He said, it will cost me 15 – 20 Euro, muahaall banget buat ukuran seorang backpacker yang harus menghemat setiap Euro untuk bisa bertahan selama 3 minggu di Europe hehe.

Akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke pusat kota Barcelona, La Ramblas, dengan Airport Bus. Untuk kemudian rencananya saya akan mencari bus atau metro yang menuju hotel tempat saya menginap. Atau jika harus menuju stadion, saya tinggal mencari tempat penitipan tas saya untuk kemudian lanjut ke Stadion Camp Nou. Anyway La Ramblas adalah pusat para tourist berkumpul menikmati boulevard paling terkenal di Barcelona. Tempat para backpacker, flashpacker, atau para tourist high class menikmati segala aktivitas disana. Simply, kita belum ke Barcelona kalo tidak ke La Ramblas.

Anyway saya membeli tiket pertandingan antara FC Barcelona vs Getafe itu dengan harga 48 Euro, harga tiket paling murah di tribun paling atas hehehe. Saya membeli tiket tersebut melalui agen (http://www.spainticketbureau.com), setelah saya putus asa membeli tiket tersebut dari website FC Barcelona. Baru kemudian saya tau bahwa mayoritas tiket untuk setiap pertandingan El Barca dialokasikan untuk member club tersebut, hanya sebagian kecil yang dialokasikan untuk tourist. Tidak seperti saat saya membeli tiket pertandingan Manchester United di Old Trafford Stadium, saya bisa membeli tiket langsung dari website mereka.

Ternyata masalah baru muncul ketika untuk menukar voucher yang saya dapatkan melalui email dengan tiket asli, saya kesulitan untuk menemukan alamat kantor agen tersebut disela2 puluhan gang yang ada di La Ramblas. Bertanya ke orang pun sulit karena kendala bahasa. Yang lucu, saat saya bertanya pada polisi, jawaban mereka selalu terucap dalam Spanish, walaupun berkali2 saya bilang saya tidak paham bahasa Spanyol. Dan ketika waktu semakin lama berdetak, saya pun nyaris putus asa karena nyari alamat saja sudah menghabiskan waktu sejaman lebih. Anehnya ketika saya sudah mencapai titik kepasrahan, secara tidak sengaja saya menemukan kantor agen tersebut. Ngga lama tiket asli pun berpindah tangan, yaaay.

Setelah tiket ditangan, saya baru menyadari bahwa pertandingan akan dimulai dalam satu jam kedepan. Balik ke hotel untuk menyimpan koper dan ransel besar saya tidak lah mungkin, karena waktunya mepet. Dan ternyata menemukan tempat penitipan tas pun tidak lah mudah. Hingga kemudian saya memutuskan untuk kemudian langsung menuju Camp Nou sambil menyeret koper saya dan membawa ransel besar di punggung. Bukan pekerjaan yang mudah membawa koper dan ransel segede gaban disela2 himpitan orang2 di metro menuju Camp Nou. Apalagi konon katanya banyak copet beraksi di metro barcelona. Well, sepertinya sebagian besar penumpang di line menuju Stasiun Maria Christina adalah para fans El Barca. Yel yel, dan lagu2 El Barca dinyanyikan sepanjang perjalanan oleh para fans yang dari bahasa, logat maupun perawakannya menunjukkan mereka datang dari berbagai negara. Bukti bahwa permainan indah El Barca beberapa tahun terakhir ini sangat dicintai oleh para penikmat bola dimanapun mereka berada.  Sampai di stasiun, perlu berjalan beberapa ratus meter untuk mencapai Camp Nou, dan kondisi di sepanjang perjalanan hiruk pikuk oleh para fans. Kafe, Bar, restoran penuh oleh para fans yang tidak kebagian tiket menonton langsung di Camp Nou.

Sampai di gerbang stadion, cobaan lain muncul. Well, kayanya hanya saya orang satu2nya yang nekat masuk stadiun bawa koper besar dan ransel segede gaban. Sempat ditanya macem2 sama security disana, isi koper dan ransel sayapun di aduk2 sama security itu. Dan you know what, sikap mereka melunak ketika saya bilang ke mereka bahwa saya adalah fans El Barca yang dateng jauh2 dari Indonesia untuk melihat tim kesayangan saya bertanding. See, bagaimana Sepakbola bisa menjadi bahasa universal yang mampu mempersatukan banyak orang. Kemudian saya melobi kepala security stadion untuk menitipkan tas besar saya itu di ruangan mereka supaya saya bisa kusyu menonton pertandingan itu. Dan ajaibnya, merekapun mengijinkan.

Dan tepat ketika tim El Barca memasuki stadion saya pun duduk di salah satu bangku di Stadion Camp Nou bersama 90 ribuan penonton yang ngga sabar menikmati permainan indah mereka. Bersebelahan dengan fans dari Italy, dan Jepang. Serta sekelompok fans dari UK yang tidak berhenti2 menyanyi di sepanjang pertandingan. Well, seperti tidak percaya ketika saya bisa mewujudkan salah satu impian masa kecil saya itu. Dan ketika akhirnya pertandingan berakhir untuk kemenangan El Barca kebahagiaan saya pun semakin lengkap. Sepertinya seisi stadiun larut dalam kegembiraan, begitupun penduduk kota. Dalam perjalanan saya menuju hotel tempat saya menginap di Villadecans, kegembiraan itupun masih sangat jelas terlihat dari raut muka para fans yang menaiki bis yang sama. Ah, malam itu adalah salah satu malam terindah dalam hidup saya.

Camp Nou Stadium Tour

Camp Nou Stadium, Barcelona

Kemegahan Camp Nou, Barcelona

Kemegahan Camp Nou, Barcelona

Me, at Camp Nou!

Me, at Camp Nou!

Viva El Barca! Muchas Gracias Barcelona 🙂

View All

2 Comments

  1. gimana caranya beli tiket di http://www.spainticketbureau.com dan gimana cara ngambil tiket yang udah di pesan…..

    Reply

  2. wahh keren banget!!! aku jg pengen bgt ke camp nou tp kendala tour yg mahal dan belum sanggup kalo harus backpacker:( kasi tauu dong trick backpacker biar amann dan bisa hemat hehe thankyou

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *